Ticker

6/recent/ticker-posts

Keuntungan Menggunakan Alat Pembayaran Non-Tunai

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, memungkinkan kita melakukan transaksi keuangan tidak lagi secara cash atau menggunakan alat pembayaran non tunai. Ini jelas akan meningkatkan efisiensi dalam bertransaksi di mana pun kita berada.

Di Indonesia, tren pembayaran cashless semakin meningkat. Terlebih setelah diluncurkannya mekanisme electronic payment (e-payment) di beberapa platform digital. Kita jadi bisa melakukan berbagai macam pembayaran dan tagihan cukup dengan hanya menggunakan smartphone dalam genggaman.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan ketika bertransaksi menggunakan alat pembayaran non tunai. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini! 

Praktis dan Efisien

Keuntungan yang paling utama adalah praktis dan efisien. Pengguna alat pembayaran non tunai tidak perlu repot membawa uang dalam jumlah banyak di dalam dompet atau tas. Sebab, semua transaksi bisa dibayarkan secara non tunai, baik melalui uang elektronik maupun dompet digital (e-wallet).

Selain jadi lebih praktis, juga bisa lebih memangkas waktu transaksi karena kita bisa melakukan di mana saja melalui smartphone dengan jumlah pembayaran yang sesuai.

Keamanan Lebih Terjamin

Ketika berpergian ke mana saja, kita sering kali membawa uang tunai dengan nominal besar. Dengan pembayaran cashless, hal itu tak perlu dilakukan lagi karena semua uang telah tersimpan aman di dalam dompet digital yang kita punya.

Tak hanya itu, sistem keamanannya juga sudah teruji dengan adanya PIN dan nomor OTP yang kita sendiri yang bisa mengetahuinya. Apabila kehilangan kartu debit, kredit ataupun e-money, kita bisa segera memblokir kartu tersebut sehingga saldo di rekening tetap aman.

Riwayat Keuangan Tertata Rapi

Semua transaksi dalam pembayaran non tunai akan tercatat dengan rapi. Contoh, pada jenis m-banking kita bisa melihat pemasukkan dan pengeluaran secara keseluruhan yang tercatat dalam riwayat mutasi rekening.

E-Money juga akan memudahkan kita dalam mengatur pengeluaran. Fitur tersebut bisa membantu untuk melakukan evaluasi dan menekan pengeluaran ke depannya. 

Bisa Dilakukan Dimana Saja

Dulu, ketika ingin membayar tagihan listrik, internet hingga asuransi pasti kita harus pergi ke ATM atau tempat-tempat pembayaran semua hal tersebut.

Namun, dengan adanya pembayaran non-tunai, kini kita tak perlu lagi datang ke ATM atau merchant terdekat. Cukup melalui smartphone, semua tagihan akan langsung terbayar dan tidak perlu mengantri dengan orang lain. 

Banyak Diskon dan Promo

Terakhir, adalah banyak diskon dan promo yang penyedia layanan pembayaran non tunai berikan kepada para pelanggannya. Contoh alat pembayaran non tunai seperti e-wallet yang bekerja sama dengan merchant-merchant terdekat untuk memberikan potongan harga hingga cashback jika kita membayar belanjaan menggunakan e-wallet tertentu.

Tidak hanya di merchant, promo dan diskon bisa banyak kita temui dalam pembelian tiket pesawat, kereta, bioskop, booking hotel, dan tiket beberapa tempat wisata.

Posting Komentar

0 Komentar