Ticker

6/recent/ticker-posts

Crowdfunding : Pengertian, Ciri-ciri, Syarat, dan Contohnya

Apa itu equity crowdfunding? Platform crowdfunding telah menjadi istilah yang berkembang yang berarti lebih dari sekadar berarti mengumpulkan uang dari publik. Sebenarnya, istilah ini sendiri dapat berarti hal yang berbeda bagi orang yang berbeda pula. Istilah baru dan lama kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang sama atau serupa. 

Organisasi nirlaba biasanya menggunakan crowdfunding untuk mengumpulkan donasi. Mereka sering menyebut crowdfunding sebagai penggalangan dana online, penggalangan dana media sosial atau penggalangan dana peer-to-peer. Secara umum, ketika organisasi nirlaba merujuk pada penggalangan dana online, mereka berbicara tentang menerapkan teknik surat langsung dan telepon tradisional ke email dan media sosial. 

Mereka melakukan ini dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, jangkauan yang luas dan hasil yang lebih besar pula. Biasanya, pendekatan ini tetap tersentralisasi dan merupakan kampanye tipe one-to-many . Hal yang sama berlaku untuk penggalangan dana media sosial. Penggalangan dana peer-to-peer adalah crowdfunding yang dipimpin oleh donor sendiri. Untuk lebih mengenal Crowdfunding, mari simak penjelasannya dibawah ini.

Mengenal Apa Itu Crowdfunding

Crowdfunding adalah ketika bisnis, organisasi atau individu mendanai proyek atau usaha dengan sumbangan kecil dari banyak orang. Sederhananya kerumunan orang akan mendanai proyek atau bisnis, daripada didanai oleh satu atau dua investor besar. Dengan menerima dukungan yang diperlukan untuk arus pemasukkan kas, cara dan usaha ini akan menarik banyak orang yang ingin membantu mendanai sebuah proyek. Sebagian besar kampanye seperti ini terjadi melalui platform internet dan telah menetapkan kerangka waktu kapan uang dapat dinaikkan dan mengungkapkan tujuan moneter tertentu. 

Peserta atau pendukung, dijanjikan akan mendapat sejumlah uang minimum dari dana dan akan menerima hadiah atas kontribusi mereka. Hadiah umumnya bervariasi berdasarkan ukuran donasi yang juga memberi insentif pada donasi yang lebih tinggi. Sementara beberapa kampanye crowdfunding tidak memungkinkan para pendukung untuk memiliki sebagian dari perusahaan yang mereka dukung. Seperti jenis equity crowdfunding Indonesia yang memungkinkan usaha kecil dan pemula memberikan sebagian dari perusahaan mereka.

Jenis dan ciri - ciri sebuah crowdfunding

Pada dasarnya, Crowdfunding juga mempunyai beberapa jenis dan cirinya tersendiri. Berikut ini adalah jenis atau tipe- tipe dari sebuah Crowdfunding:

1. Crowdfunding berbasis investasi.
Crowdfunding tipe ini adalah dimana Anda berinvestasi dalam bisnis dan menerima imbalan sebagai imbalan yang biasanya berupa saham.

2. Crowdfunding berbasis pinjaman.
Anda meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan dengan imbalan tingkat bunga yang ditetapkan. Ini juga disebut pinjaman peer-to-peer atau peer-to-business (P2P atau P2B).

3. Crowdfunding berbasis donasi
Di sini donor berkontribusi pada jumlah total untuk proyek baru. Seringkali para donor dijanjikan pengembalian dalam bentuk produk atau layanan yang akan dikembangkan dengan pendapatan yang dibawa oleh kampanye crowdfunding. Untuk proyek amal yang penerima manfaat utamanya bukan donor, mungkin ada beberapa keuntungan atau hadiah lain bagi pemberi dana.

4. Crowdfunding berbasis hadiah.
Jika Anda memberikan uang sebagai imbalan atas imbalan yang dikaitkan dengan sebuah proyek atau menyebabkan Anda mendukungnya, maka ini adalah tipe crowdfunding yang berbasis hadiah.

5. Crowdfunding investasi
Tipe ini adalah di mana bisnis mencari modal menjual kepemilikan dipertaruhkan online dalam bentuk ekuitas atau hutang. Disini, individu yang mendanai menjadi pemilik atau pemegang saham dan memiliki potensi pengembalian finansial, tidak seperti dalam model donasi. Semua ini menjadi mungkin ketika Judul II UU JOBS mulai berlaku pada September 2013 untuk investor terakreditasi dan organisasi nirlaba umumnya tidak dapat memanfaatkan pasar ekuitas.

Syarat dan Tantangan dalam Menjalankan Proyek Crowdfunding

Banyak orang menganggap platform crowdfunding adalah cara mudah atau gratis untuk menghasilkan uang. Dibutuhkan banyak upaya untuk membangun sebuah proyek yang akan dirasakan oleh para pendukung sebagai layanan yang berharga dan patut menerima donasi. Keberhasilan proyek seperti ini juga tidak menjanjikan dan seiring crowdfunding terus mendapatkan popularitas, pendukung menjadi lebih cerdas dalam proyek apa yang ingin mereka dukung.

Menghasilkan jenis dukungan luas seperti ini bisa menjadi tantangan. Dibutuhkan upaya pemasaran yang kuat, pendiri yang dapat dipercaya, dan produk yang berkualitas. Menurut Ryan Sim, direktur pelaksana dan salah satu pendiri We The People, sebuah perusahaan yang hanya menjual produk crowdfunded akan mempunyai tantangan crowdfunding sangat luas. Dia mendaftar lima tantangan utama yang mengganggu kampanye crowdfunding tipe berbasis hadiah : 

  • Menemukan dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif biaya sebelum, selama dan setelah kampanye 
  • Membuat pesan yang tepat dalam deskripsi kampanye yang akan menarik minat produk atau layanan
  • Mengembangkan video kampanye yang informatif dan menarik yang menjelaskan produk dan manfaatnya (tantangan utamanya adalah mahal untuk membuat video yang benar-benar bagus dan berdampak tinggi) 
  • Membuat dan merencanakan program hadiah untuk memaksimalkan ROI secara strategis 
  • Menemukan metode pemenuhan yang paling efektif dan efisien untuk hadiah/imbalan

Posting Komentar

0 Komentar