Ticker

6/recent/ticker-posts

Kenali Jenis Asuransi Jiwa Beserta Manfaatnya: Penting Bagi Masa Depan!

jenis-jenis asuransi jiwa

Asuransi jiwa telah menjadi hal yang sangat populer dan diminati oleh banyak orang, terlebih lagi di tengah kondisi kesehatan yang tidak menentu seperti sekarang. 

Meskipun banyak diminati, namun ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui jenis asuransi jiwa dan manfaatnya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai jenis-jenis asuransi jiwa yang harus diketahui beserta dengan manfaatnya masing-masing.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memiliki beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda-beda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan asuransi jiwa, maka Anda harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu berdasarkan situs Cermati:

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Sesuai dengan namanya, asuransi satu ini memberikan perlindungan seumur hidup kepada nasabahnya. Meski untuk seumur hidup, namun perusahaan asuransi biasanya membatasi manfaat perlindungan asuransi hingga 100 tahun saja.

Jika memilih asuransi jiwa seumur hidup ini, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

  1. Anda sebagai pemilik polis akan mendapatkan nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan sebelumnya. 
  2. Jika sebagai tertanggung dan Anda tidak bisa membayar angsuran premi secara berkala, maka Anda bisa menggunakan nilai tunai dari premi yang telah dibayar untuk membayarkan premi selanjutnya.
  3. Premi yang sudah Anda bayarkan tidak akan hangus walaupun tidak ada klaim. 
  4. Seluruh uang pertanggungan akan diberikan saat kontrak telah berakhir.

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Jenis kedua adalah asuransi jiwa berjangka yang berfungsi untuk memberikan proteksi atau perlindungan kepada pemilik asuransi dalam jangka waktu tertentu. Kontrak yang ditawarkan oleh asuransi jenis ini biasanya untuk jangka waktu 5, 10, 15, dan 20 tahun dengan premi tetap dan tergolong cukup murah.

Asuransi jiwa berjangka juga memberikan beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati, yaitu :

  1. Sebagai pemegang polis, Anda diberi kebebasan dalam menentukan berapa besar premi agar sesuai dengan kemampuan Anda.
  2. Jika meninggal dunia, maka keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan uang pertanggungan mencapai angka milyaran rupiah.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Asuransi jiwa dwiguna adalah jenis asuransi yang memiliki dua manfaat sekaligus, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka dan juga sebagai tabungan bagi pemiliknya. Asuransi jiwa dwiguna direkomendasikan untuk Anda yang ingin memastikan ketersediaan dana untuk pendidikan anak, dana untuk kebutuhan tidak terduga di masa depan, dan dana pensiun yang lebih besar.

Sama halnya dengan asuransi jiwa lainnya, asuransi jenis ini juga memberikan beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Anda bisa mengklaim polis asuransi jiwa dwiguna sebelum masa kontraknya berakhir. Namun, penarikannya hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian sebelumnya.
  2. Jika tertanggung masih hidup pada saat kontrak berakhir, maka akan mendapatkan seluruh uang pertanggungan.

Asuransi Jiwa Unit Link

Jenis asuransi yang terakhir ini menggabungkan manfaat antara asuransi dengan investasi. Asuransi ini direkomendasikan untuk Anda yang tertarik berinvestasi dan ingin memastikan diri tetap terproteksi asuransi. 

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari asuransi jenis ini adalah Anda tidak hanya mendapatkan jaminan perlindungan saja, namun juga keuntungan dari investasi dengan bunga yang terbilang cukup tinggi setiap tahunnya.

Nah, itulah beberapa jenis asuransi jiwa yang wajib Anda ketahui. Jika Anda tertarik membeli asuransi jiwa, maka Anda harus menentukan terlebih dahulu mana jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa perusahaan penyedia asuransi yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK agar terjamin keamanannya.

Posting Komentar

0 Komentar