Ticker

6/recent/ticker-posts

Anak Muda Harus Tau Ini Sebelum Membeli Mobil

tips membeli mobil bagi anak muda

Anak muda yang ingin membeli mobil biasanya hanya memperhatikan desain dan harga saat membeli mobil pertamanya. Padahal sebenarnya terdapat banyak faktor penting lainnya yang harus diperhatikan, seperti keselamatan, fitur yang sesuai kebutuhan, biaya servis, dan asuransi. Berikut ini tips buat anak muda dalam membeli mobil.

Utamakan fitur keselamatan

Faktor utama yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam membeli mobil adalah Keselamatan. Perhatikan dengan detail yang tersedia pada dan tidak boleh terlewatkan.

Fitur keselamatan yang wajib ada dalam sebuah mobil yaitu:

  • Airbag system: adanya kantung udara yang akan terbuka secara otomatis saat terjadi kecelakaan untuk melindungi kepala para penumpang.
  • Anti-lock Braking System (ABS): Teknologi yang menghindarkan roda terkunci saat mobil berhenti secara mendadak
  • Sabuk pengaman: keamanan standar soal keselamatan adalah melindungi penumpang terlontar dari tempat duduk saat mobil berhenti mendadak.

Pada beberapa mobil yang lebih modern, terdapat fitur keselamatan tambahan lainnya seperti:

  • Daytime Running Light (DRL): Lampu depan mobil dapat menyala secara otomatis baik siang ataupun malam hari dengan tujuan memberitahu mobil lain posisi mobil Anda.
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS): Memberikan indikator tekanan udara di keempat roda mobil untuk menghindari kecelakaan yang dikarenakan ban kekurangan angin.
  • Auto-dimming Rear-View Mirror: Teknologi untuk meredupkan cahaya lampu sorot dari mobil dibelakang Anda yang terpantul pada kaca spion tengah.
  • Vehicle Stability Control (VSC): Teknologi yang dapat menstabilkan manuver mobil bahkan saat roda kemudi terputas secara mendadak (banting setir).
  • Sensor parkir: Fitur ini akan sangat membantu pengendara agar tidak menabrak objek dibelakang mobil saat parkir dengan bunyi alarm yang semakin keras atau cepat saat semakin dekat dengan objek.

Pada mobil keluaran terbaru setidaknya telah tersedia fitur keamanan wajib. Tetapi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli mobil yang memiliki fitur keamanan tambahan agar semakin aman dalam berkendara.

Pilih mobil yang hemat BBM

Sangat penting memilih mobil yang irit BBM karena tentu Anda masih memiliki banyak keperluan lainnya. Kriteria yang perlu diperhatikan ketika mencari mobil yang irit bahan bakar yang pertama perlu memilih mobil dengan kapasitas mesin yang lebih kecil. 

Pilihlah antara 1000 sampai dengan 1.500 cc adalah pilihan yang tepat. Sehingga penggunaan BBM Anda bisa sangat hemat, malah banyak city car yang hanya konsumsi 1 liter untuk 20 kilometer loh!

Sesuaikan dengan keperluan sehari-hari

Sebaiknya pilih mobil sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Bagi Anda yang tinggal di lingkungan rumah dengan jalan yang kecil dan sulit parkir pilihlah mobil berukuran kecil seperti city car. UNtuk Anda yang masih kuliah atau pekerja yang perlu banyak membawa barang setiap hari, lebih baik memilih mobil dengan ruang bagasi yang besar.

Sesuaikan dengan keuangan

Buatlah perhitungan yang matang sebelum membeli mobil. Perhatikan kemampuan finansial Anda. Belilah dengan harga mobil yang sesuai pemasukan atau gaji.

Jika Anda berencana mengambil kredit mobil, maka hitung dulu biaya cicilannya menggunakan simulasi kredit. Dan jika Anda membeli tunai, pastikan tabungan dan dana darurat Anda sudah terkumpul juga.Jangan sampai Anda membeli mobil dengan cicilan yang diluar dari kemampuan Anda. Apalagi sampai mengerus dana darurat Anda.

aplikasi beli mobil seva.id

Jika Anda ingin membeli mobil ini dengan menggunakan cara kredit, maka pilihlah leasing yang terpercaya. Gunakan SEVA yang merupakan platform dari PT Astra Auto Digital yang memberikan layanan finansial kepada para pelanggan agar dapat membeli mobil baru melalui berbagai macam pilihan produk paket pembelian kualitas Astra Finansial.

SEVA sangat praktis karena memberikan pelayanan secara online. Selain itu juga memiliki fitur yang bisa membantu para pelanggan untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial terlebih dahulu, lalu memberikan pilihan mobil baru yang sesuai dengan kemampuan. Hal ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan finansial yang lebih bagi para pelanggan di masa mendatang sampai kendaraan yang dibeli dapat sepenuhnya dimiliki.

Posting Komentar

0 Komentar