Ticker

6/recent/ticker-posts

Hindari Lakukan 5 Hal ini Saat Menstruasi

hal yang dihindari saat menstruasi
source: static.hanhannah.id

Saat menstruasi bagi sebagian wanita adalah saat dimana merasa sangat tidak nyaman. Sebagian wanita akan diwarnai dengan PMS seperti rasa nyeri pada perut bagian bawah, pinggan dan payudara, dan rasa kembung. Belum lagi saat menstruasi harus berhadapan dengan masalah pemilihan pembalut yang tidak tepat sehingga kamu merasa tidak nyaman dan leluasa.

Menstruasi yang rutin dialami setiap bulan akan disertai dengan perubahan hormon yang akan menyebabkan perubahan suasana hati seseorang. Sehingga akan mudah marah, sedih, dan malas untuk beraktifitas. Selain itu juga bisa membuat sebagian wanita mengidamkan beberapa jenis makan, seperti makanan yang manis untuk bisa meningkatkan suasana hatinya.

Namun, tahukah kamu ketika menstruasi ada beberapa hal yang harus kamu hindari, sebagai berikut:

1. Hindari mengonsumsi minuman dan makanan berkafein

Saat hari-hari pertama menstruasi beberapa wanita akan mengalami nyeri haid dan rasa yang tidak nyaman di area perut bawah.

Jika kamu tidak ingin rasa nyeri itu semakin parah dan mengganggumu, sebaiknya kamu hindari untuk mengonsumsi minuman dan makanan berkafein. Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda dapat memengaruhi hormone dan menurunkan aliran darah pada rahim.

2. Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Selain minuman berkafein salah satu makanan yang dihindari untuk dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Makanan dengan kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan retensi atau penumpukan air.

Jika itu terjadi akan membuat perut kembung. Sedangkan saat kamu haid perut kamu akan terasa kembung, maka dengan mengonsumsi makanan tinggi garam akan membuat perut kamu makin tidak nyaman. Jadi konsumsi makanan dengan kandungan garam yang wajar saja selama haid.

3. Hindari berhubungan seksual saat menstruasi

Berhubungan seksual selama menstruasi bisa menyebabkan beberapa resiko seperti, infkesi menular seksual dan infeksi jamur vagina. Resiko ini terjadi karena saat berhubungan intim penis akan bersentuhan langsung dengan darah menstruasi yang keluar.

Sehingga virus dan kuman yang ada pada darah menstruasi akan menular pada pasangan. Selain itu berhubungan seksual saat menstruasi juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena darah yang keluar akan berceceran dimana-mana. Maka sebaiknya tunda dulu aktifitas seksual selama menstruasi.

4. Hindari lakukan waxing selama menstruasi

Saat menstruasi tubuh kita akan lebih sensitive terhadap rasa sakit dan zat-zat kimia. Sedangkan waxing yang dilakukan rasanya cukup sakit, jadi jika dilakukan saat menstruasi rasa sakit yang kamu rasakan akan berkali-kali lipat. Jadi tunda dulu rutinitas waxing hingga selesai menstruasi.

5. Hindari merokok

Sebaiknya kamu menghindari merokok selama menstruasi, selain karena tidak baik untuk kesehatan dan pernafasar, rokok juga memberikan efek pada wanita yang sedang menstruasi. Karena wanita perokok cenderung akan mengalami dismenore/nyeri haid yang lebih menyakitkan daripada wanita yang tidak merokok.

Saat menstruasi memang membuat tubuh kita jauh lebih sensitif dibandingkan sedang tidak menstruasi, karena reaksi tubuh dan pengaruh hormone. Maka sebaiknya kita dapat menahan diri untuk menghindari pantangan-pantang yang diberikan, agar kita dapat melalui masa menstruasi dengan nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar